selamat Datang

Semua Untuk Belajar

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

BUKU TAMU

PERFORASI

Jumat, 15 April 2011


Perforasi merupakan suatu kegiatan ketika lubang sumur siap diproduksi dan bahan peledak merupakan bagian terpenting dari kegiatan tersebut. Kegiatan perforasi mempunyai bermacam-macam teknik atau cara perforasi dan kondisi kerja perforasi terbagi atas dua berdasarkan kondisi tekanan lubang bornya, salah satu contohnya adalah kondisi lubang sumur yang overbalance (kondisi dimana tekanan hidrostatik lebih besar sedikit daripada tekanan fluida formasi) maka kegiatan perforasi yang dapat dilakukan yaitu dengan teknik HSD (High Shoot Density).
Fungsi utama dari kegiatan perforasi adalah pembuatan lubang menembus casing, semen dan formasi sehingga terjadi komunikasi antara formasi dengan sumur yang mengakibatkan fluida formasi pada lapisan produktif dapat mengalir kedalam sumur atau diproduksikan. Penggunaan bahan peledak (perforator) pada kegiatan perforasi bertujuan untuk melubangi ketiga hal diatas, dalam prose pelubangan (perforasi) diperlukan tekanan yang besar, karena itu jenis bahan peledak yang digunakan harus disesuaikan dengan cara atau teknik perforasi yang akan diaplikasikan.
Dari permasalahan diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kegiatan perforasi terutama kegiatan perforasi dengan teknik HSD. Tema kerja praktek kali ini dikhususkan mengenai proses operasi perforasi dengan teknik HSD.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lorem

Ipsum

Dolor